Friday, May 27, 2016

Posted by SMAN 1 Cibeber On 6:57 PM




Terbentuknya genre musik grup Band Sa_Awi Band SMAN 1 Cibeber dilatarbelakangi oleh kejenuhan para siswa (player Sa-Awi) dengan format musik suguhan industry musik yang marak di pasaran. Suguhan-suguhan music itu bedampak pada titik jenuh untuk selalu menggunakan pola-pola ritmis yang popular. Sehingga pada akhirnya, Sa_Awi mencoba menyuguhkan konsep garap music yang baru dengan pola ritmis yang digunakan terstimulus dari genre music Folk dan Bossanova. Selian itu, Sa_Awi pun dengan konsep Band Akustik menghadirkan unsur tradisi. Yakni dengan di hadirkannya angklung diatonic yang berfungsi sebagai aksentuasi pengganti string piano. Sentuhan-sentuhan keroncong pun dihadirkan pada penggarapan lagu yang dimainkan pada FLS2N tingkat Provinsi ini. Lagu-lagu yang dipilih adalah Indonesia Pusaka (karya Ismail Marzuki), dan lagu daerah pilihannya adalah lagu Jereh Bu guru yang berasal dari Banten (karya A.Liman). Untuk babak selanjutnya lagu yang dipilih adalah Rayuan Pulau Kelapa.
Alat music yang digunakan adalah Gitar akusitik sebagai pembawa Chord lagu, gitar Bass & Cajon serta tamborin sebagai pembawa ketukan / ritmis lagu, angklung diatonic sebagai aksentuasi melodi pengganti string (piano), dan Bylera sebagai unsur melodisnya.
Pada lomba tingkat Kabupaten Lebak Kami memperoleh Juara 1 sehingga maju ke tingkat Provinsi Banten. Dengan proses yang kami lakukan, di tingkat provinsi pun kami mendapatkan juara ke 2. "Learning By Process"...
Written By : Wisnu Wirandi, S.Sn


Add caption









0 comments:

Post a Comment