SMAN 1 CIBEBER DI ERA PANDEMI COVID-19

Corona Virus atau yang lebih dikenal dengan istilah Covid-19, berhasil mengubah kebiasaan baru yang kita lakukan sehari-hari baik dirumah, sekolah, tempat kerja, di jalan, dimanapun.

Selama ini kita hidup dengan berita tentang Covid-19, di TV, radio, media sosial atau media digital, obrolan dirumah, di kantor, di sekolah, di telp juga bicara soal Covid 19.

Berbagai reaksi yang ditunjukan masyarakat, ada yang sedih, cemas, takut, gemas, khawartir, marah-marah, tetapi juga yang tenang atau tetap percaya diri.

Situasi yang sama juga di alami oleh dunia pendidikan terutama pada lingkungan sekolah dan proses belajar mengajar bagi peserta didik di berbagai tingkatan mulai dari satuan pendidikan anak usia dini, sekolah dasar, sekolah menengah tingkat pertama dan sekolah menengah tingkat lanjutan.

Menginjak semester ke II saat ini, semua peserta didik melewati proses belajar mengajar pada masa pandemi Covid 19, Pendidik di SMAN 1 Cibeber harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun peserta didik berada di rumah.

Pendidik dituntut mendesain media pembelajaran dengan memanfaatkan media daring (dalam internet) online.

Pendidik dapat melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama menggunakan grup media sosial seperti WahtshApp (WA), telegram, Instagram, aplikasi zoom atau media lainnya yang dapat di digunakan sebagai media belajar di masa pandemi Covid 19.

Ini sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Dengan berbagai promblematikan dan keterbatasan yang dihadapi, tentu proses belajar mengajar tidak berjalan secara optimal, baik yang dialami oleh pendidik maupun peserta didik, bahkan orangtua atau walimurid yang ikutserta sebagai guru kedua selama belajar dirumah.

Terhitung sejak 19 Desember 2020 s/d 4 Januari 2021, semua peserta didik di semua tingkatan memasuki masa liburan sekolah dan pergantian tahun baru masehi. Hal yang sama juga dinikmati oleh para guru dan tenaga kependidikan pada satuan pendidikan (sekolah).

Namun beda halnya dengan Kepala Sekolah dan tim inti penggerak sekolah yang masa liburnya kali ini, juga harus memikirkan persiapan pembejaran tatap muka di awal tahun pembelajaran semester kedua.

Mulai dari sarana dan prasaran, kesiapan fasilitas pelayanan kesehatan, penyediaan alat tes pengukur suhu, kebersihan MCK/toilet bersih dan layak anak, penataan ruang UKS, Desinfektan semua ruangan kelas, pustaka dan lingkungan sekolah, termasuk mendapatkan lembar persetujuan komite sekolah, orang tua/walimurid, pengawasan dari tenaga kesehatan, keamanan, pengurus yayasan (bagi swasta) dan juga aparatur desa setempat.

Istilah sekolah penggerak, di populerkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Kariem, Kemendikbud berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hasil belajar siswa di seluruh Indonesia.

Untuk mencapai tujuan ini, kemendikbud mensosilisasikan sekolah penggerak dengan mendemonstrasikan kepemimpinan pembelajaran (instructional leadership) terutama kepala sekolah berserta guru untuk menjadi penggerak utama  dalam meningkatkan kualitas hasil belajar siswa.

Untuk mewujudkan pendidikan terbaik bagi seluruh siswa, semua pemangku kepentingan harus diikutsertakan dalam menciptkan inovasi-inovasi kreatif pembelajaran yang memberikan dampak positif bagi kualitas siswa yang berkarakter.

Kini, di SMAN 1 Cibeber Kab.Lebak telah memasuki masa-masa Ujian Sekolah untuk kelas XII dan PTS (Penilaian Tengah Semester) untuk kelas X dan XI. Semua kegiatan tersebut dilakukan secara kombinasi Daring dan Luring. Hal tersebut dikarenakan kondisi siswa di SMAn 1 Cibeber tidak semua siswa memiliki fasilitas Hp dan sinyal yang memadai untuk pembelajaran jarak jauh. maka beberapa kebijakan sekolah pun diberlakukan. 

Meskipun dalam kondisi demikian, SMAN 1 Cibeber tetap konsisten melakukan proses pembelajaran dengan baik, bahkan tidak menutup kemungkinan siswanya pun berprestasi meski di masa pandemi dengan mengikuti perlombaan-perlombaan siswa secara visrtual.

Berikut ini video salah satu siswa SMAN 1 Cibeber sebagai Juara 1 Lomba Story Telling:

Penulis: Wisnu Wirandi, M.Sn. (admin)

SMANSER SMAN 1 Cibeber, berdiri Sejak Tahun 2000 dengan mulai kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2000-2001 kelas sore hari dan menumpang di SMPN 1 Cibeber. Tahun Pelajaran 2002-2003 menempati gedung baru beralamat di jalan Warungkadu No 49 Cikotok. Berada di lingkungan RT 01 RW 03 Desa Cikotok Kecamatan Cibeber, Kode Pos 42394 dan diresmikan oleh Bapak Bupati H. Moch. Yas’a Mulyadi pada tanggal 28 Januari 2003. Tujuan pendidikan institusional untuk SMA berdasarkan Permen No 19 Tahun 2005 tentang Standar Kompetensi Lulusan adalah bertujuan untuk meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

0 Response to "SMAN 1 CIBEBER DI ERA PANDEMI COVID-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel