Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
https://3.bp.blogspot.com/-sr95FZcIBKQ/YFgzwdC_IGI/AAAAAAAACyI/NauwZ2hj3RcBK1ND-B1rbPMBsgg9pbBQQCK4BGAYYCw/s1353/BANNER.jpg

RAPAT DINAS EVALUASI PTMT PENDIDIKAN PRAMUKA MODEL AKTUALISASI

 

Berdasarkan surat dinas nomor 421.03/030/SMA.01/2022 tentang undangan rapat dinas pada hari Rabu, 26 Januari 2022 telah dilaksanakan Rapat Dinas SMA Negeri 1 Cibeber yang membahas tentang evaluasi PTMT Pendidikan Pramuka Model Aktualisasi yang telah dilaksanakan pada minggu-mingu awal di bulan Januari.

Dalam rapat pun dilakukan diskusi yang membahas terkait teknis serta penjadwalan baru untuk kegiatan PTMT Pedidikan Pramuka Model Aktualisasi pada tahap berikutnya.

Perlu diketahui bahwa Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor Tahun 2014 tentang Kegiatan Ekstrakurikuler pada Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peratran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan Sebagai Kegiatan Ekstrakurikuler Wwajib pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.






Pelaksanaan Pendidikan Kepramukaan sebagai ekstrakurikuler wajib di satuan pendidikan, sejalan dan relevan dengan amanat Sistem Pendidikan Nasional dan secara programatik, pendidikan kepramukaan diorganisasikan dalam 3 (tiga) model sebagai berikut:

  1. Model BLok, merupakan kegiatan wajib dalam bentuk perkemahan yang dilaksanakan setahun sekali dan diberikan penilaian secara umum;
  2. Model Aktualisasi, sebagaimana merupakan kegiatan wajib dalam bentuk penerapan sikap dan keterampilan yang dipelajari di dalam kelas yang dilaksanakan dalam kegiatan Kepramukaan secara rutin, terjadwal, dan diberikan penilaian formal;
  3. Model Reguler, merupakan kegiatan sukarela berbasis minat peserta didik yang dilaksanakan di Gugus Depan (GUDEP).
Berkenaan dengan karakteristik model aktualisasi matapelajaran dalam kegiatan kepramukaan adalah sebagai berikut:

  1. Dilaksanakan setiap satu minggu satu kali
  2. setiap satu kali kegiatan dilaksanakan selama 120 menit
  3. Kegiatan Model Aktualisasi merupakan kegiatan Latihan Ekstrakurikuler Pramuka yang dikembangkan dari muatan-muatan pembelajaran yang terdapat dalam Kompetensi Dasar mata pelajaran.
  4. Pembina kegiatan dilakukan oleh Guru Matapelajaran selaku Pembina Pramuka dan/atau Pembina Pramuka serta dapat dibantu oleh Pembantu Pembina (Instruktur Muda/Instruktur Pramuka)
  5. Pelaksanaan kegiatan dapat bersamaan dengan kepramukaan model reguler.
  6. tidak diharuskan menggunakan seragam pramuka.
Berbagai langkah model aktualisasi coba dibahas dan didiskusikan dalam rapat dinas ini.


SMANSER
SMANSER SMAN 1 Cibeber Jl. Warungkadu No. 49 Cikotok Cibeber Lebak Banten 42394

Post a Comment for "RAPAT DINAS EVALUASI PTMT PENDIDIKAN PRAMUKA MODEL AKTUALISASI"