google.com, pub-3983075583614076, DIRECT, f08c47fec0942fa0 Rapat Dinas Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022 SMAN 1 CIBEBER - Home google.com, pub-3983075583614076, DIRECT, f08c47fec0942fa0

Rapat Dinas Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022 SMAN 1 CIBEBER

Rapat Dinas Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022 SMAN 1 CIBEBER

Pada hari Senin tanggal 10 Januari 2022, telah dilaksanakan Rapat Dinas Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022 SMAN 1 CIBEBER sesuai surat undangan rapat dinas SMAN 1 Cibeber Nomor 421.3/009/SMA/01/2022 tentang undangan rapat dinas persiapan pembelajaran pada semester genap tahun ajaran 2021-2022.

Dalam rapat dinas tersebut membahas beberapa poin terkait persiapan pembelajaran pada semester genap di SMAN 1 Cibeber, diantaranya:
  1. Sosialisasi SKB 4 Menteri tentang Panduan Pembelajaran di masa Pandemi Covid-19 tanggal SKB 21 Desember 2021. 
Pelaksanaan pembelajaran di masa pandemi Covid-19 diatur dengan ketentuan satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan di atas 80% dan capaian dosis 2 pada warga masyarakat lansia 50 % dan peserta didik sesuai peraturan perundang-undangan tingkat Kabupaten/Kota, maka pembelajaran tatap muka dilakukan setiap hari dengan jumlah peserta didik 100 % dari kapasitas ruang dan lama belajar 6 jam pelajaran per hari. Lalu, pada satuan pendidikan dengan capaian vaksinasi dosis 2 pada pendidik dan tenaga kependidikan sebanyak 50% sampai dengan 80% dan capaian vaksinasi dosis 2 pada warga masyarakat lansia sebanyak 40 % sampai dengan 50%, maka pembelajaran dilakukan setiap hari secara bergantian, jumlah peserta didik 50% dari kapasistas kelas serta lama jam belajar 6 jam pelajaran per hari.
2. Kenaikan Kelas dan Kelulusan
    Dalam Ketentuan ini, terbagi dalam dua, ketentuan umum dan ketentuan khusus. berikut ini ketentuan-ketentuan tersebut:
a. Ketentuan umum
    - Kenaikan kelas dilaksanakan pada setiap akhir tahun pelajaran atau pada akhir semester genap.
    - ketentuan kenaikan kelas melalui rapat pleno yang dihadiri minimal 3/4 jumlah pendidik
    - keputusan kenaikan kelas juga mempertimbangkan kebijakan satuan pendidikan, seperti minimal kehadiran, tata tertib, dan peraturan lainnya yang berlaku di satuan pendidikan.
    - peserta didik yang tidak naik kelas, diwajibkan mengulang yaitu mengikuti seluruh kegiatan pembelajaran pada tingkat kelas yang sama pada tahun pelajaran berikutinya
    - bagi peserta didik yang tidak naik kelas 2 (dua) kali disarankan dapat beradaptasi di sekolah lain.

b. Ketentuan Khusus
    - menyelesaikan seluruh program pembelajaran dalam 2 semester pada tahun pelajaran yang di ikuti
    - predikat sikap minimal BAIK pada indikator kompetensi sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh satuan pendidikan
    - predikat kegiatan ekstrakurikuler wajib pendidikan kepramukaan minimal BAIK sesuai dengan kriteria yang ditetapkan satuan pendidikan.
    - tidak memiliki lebih dari 2 (dua) mata pelajaran yang masing-masing capaian pengetahuan atau keterampilan dibawah KB.
- kehadiran tatap muka pada setiap matapelajaran minimal 85%  
TENTANG KELULUSAN:
kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditentukan oleh satuan pendidikan berdasarkan rapat dewan guru dengan menggunakan kriteria:
1. menyelesaikan seluruh program pembelajaran. diperlihatkan dengan nilai rapot semester 1 s.d 6.
2. memperoleh nilai sikap/prilaku minimal baik (B).
3. mengikuti Ujian yang dilaksanakan oleh satuan pendidikan. Ditunjukan dengan daftar hadir keikutsertaan ujian dan daftar milai ujian.
4. lulus ujian satuan pendidikan.
Selain pembahasan-pembahasan tersebutdi atas, rapat pun membahas tentang SOP Kegiatan PTMT untuk guru, guru piket dan Satpam tahun pelajaran 2021-2022. Selain itu juga, SOP siswa pada kegiatan pertemuan tatap muka terbatas (PTMT) tahun 2021-2022.
Pada pertemuan terakhir, dalam rapat pun dilakukan sosialisasi program Guru Penggerak. Guru Penggerak harus lulus seleksi dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Program ini akan menciptakan guru penggerak yang dapat:
  • Mengembangkan diri dan guru lain dengan refleksi, berbagi dan kolaborasi secara mandiri
  • Memiliki kematangan moral, emosi dan spiritual untuk berperilaku sesuai kode etik
  • Merencanakan, menjalankan, merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran yang berpusat pada murid dengan melibatkan orang tua
  • Berkolaborasi dengan orang tua dan komunitas untuk mengembangkan sekolah dan menumbuhkan kepemimpinan murid
  • Mengembangkan dan memimpin upaya mewujudkan visi sekolah yang berpihak pada murid dan relevan dengan kebutuhan komunitas di sekitar sekolah
Peran Guru Penggerak:
Guru Penggerak diharapkan menjadi katalis perubahan pendidikan di daerahnya dengan cara:
  • Menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya

  • Menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah
  • Mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah
  • Membuka ruang diskusi positif dan ruang kolaborasi antar guru dan pemangku kepentingan di dalam dan luar sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran
  • Menjadi pemimpin pembelajaran yang mendorong well-being ekosistem pendidikan di sekolah








SMANSER SMAN 1 Cibeber, berdiri Sejak Tahun 2000 dengan mulai kegiatan Belajar Mengajar Tahun Pelajaran 2000-2001 kelas sore hari dan menumpang di SMPN 1 Cibeber. Tahun Pelajaran 2002-2003 menempati gedung baru beralamat di jalan Warungkadu No 49 Cikotok. Berada di lingkungan RT 01 RW 03 Desa Cikotok Kecamatan Cibeber, Kode Pos 42394 dan diresmikan oleh Bapak Bupati H. Moch. Yas’a Mulyadi pada tanggal 28 Januari 2003. Tujuan pendidikan institusional untuk SMA berdasarkan Permen No 19 Tahun 2005 tentang Standar Kompetensi Lulusan adalah bertujuan untuk meletakan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

0 Response to "Rapat Dinas Awal Semester Genap Tahun Pelajaran 2021-2022 SMAN 1 CIBEBER"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel